Senin, 23 Juli 2012

hidup itu pilihan ?

assalamualaikum
sesuai dengan judulnya, 3 kata yang mungkin sederhana , dengan satu tanda tanya mengakhiri kata-kata yang tersusun menjadi satu kalimat padu. artinya? ini yang saya akan bahas.

saya sebenarnya masih bertanya tanya tentang maksud dari kalimat tanya tersebut. tapi lingkungan memberikan jawabannya. saya tidak pernah menyadari hal itu.

19 tahun sudah saya tinggal bersama orang tua, di didik, di beri pengarahan, lalu saya mencoba mereplay ulang memory saya , bagaimana orang tua saya memberikan pengarahan kepada saya untuk terhindar dari perbuatan buruk. dan ya... mereka memberikan saya pilihan. mereka memberikan sebuah pilihan tentang perbuatan , pendidikan dll. di depan saya mereka memberikan sebuah gambaran, hitam atau putih ? baik atau buruk? pintar atau bodoh ? kaya atau miskin ? soleh atau kafir? satu hal yang mereka lakukan adalah memberikan saya penjelasan tentang sebab dan akibat. dimana setiap perbuatan yang saya lakukan pasti ada akibatnya. mereka menutut saya untuk memilih. untuk dewasa dan mandiri sejak kecil. utnuk menentukan pilihan. tak lepas dari itu orang tua saya selalu memberikan pengarahan terhadap saya.
tidak ada pengekangan sedikitpun. saya hanya di jelaskan bahwa qlo saya naik naik keatap rumah, saya akan jatuh,
itulah sebab akibat dari sebuah pilihan.

lanjut. dalam sebuah pilihan ada A dan B. di saat saya memilih A. akan muncul sebuah pilihan baru yaitu A' dan A" dan seterusnya. dan sampai yang terakhir kita akan di hadapkan oleh 2 buah pilihan yang tidak akan ada pilihan lagi di dalamnya, yaitu BAIK atau BURUK. akibat dari pilihan tersebut yaitu SURGA dan NERAKA.

kesimpulan dari saya, ada baiknya kita memikirkan akibat dari apa yang kita ingin pilih. berfikir 1 jam kedepan lebih baik dari pada mengayun bersama detik tanpa arah dan tujuan. lalu apabila kita salah memilih jangan takut, masih ada pilihan di dalam pilihan tersebut. kecuali hal yang saya sebutkan di atas.
yang terakhir. ALLAH SWT maha tau segalanya. maka mintalah kepadanya petunjuk disaat kita harus memilih.

wassallamualaikum

0 komentar: